Macam-Macam Toyota Kijang Super/Grand yang Ada Di Indonesia
Toyota Kijang generasi ke3 memang merupakan mobil yang fenomenal pada
masanya. Pertamakali diperkenalkan pada tahun 1986, mobil ini langsung
berhasil merebut hati keluarga Indonesia karena awet dan bandel. Mobil
ini pernah menjadi semacam item wajib bagi setiap keluarga yang
menginginkan mobil. Karenanya tidak heran jika muncul banyak varian
Toyota Kijang dengan kode KF40 untuk sasis pendek dan KF50 untuk sasis
panjang untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.
Pada dasarnya Toyota Kijang terbagi menjadi 2 model.
Model pertama hadir antara tahun 1986 sampai dengan 1992. Keluaran
pertama ini disebut juga dengan Toyota Kijang Super (versi deluxe). Ciri
khasnya adalah menggunakan mesin 5K orange berkapasitas 1500cc dan
dashboard coklat. Pada eksteriornya memakai lampu kotak kecil yang mirip
dengan mobil seangkatanya seperti Carry Extra atau bahkan Corolla DX
tahun 1981. Khusus untuk versi minibus, body minibus dibuat oleh
perusahaan karoseri rekanan yang ditunjuk oleh Toyota. Selain karoseri
yang ditunjuk oleh Toyota, ada juga beberapa varian dari perusahaan
karoseri lainnya yang juga ikut membuat varian minibus untuk Toyota
Kijang Super. Beberapa diantaranya malah memiliki fitur fitur yang jauh
lebih lengkap dibandingkan dengan minibus buatan karoseri yang ditunjuk
oleh Toyota. Beberapa varian karoseri untuk Toyota Kijang Super yang
populer bisa dilihat dibawah ini (klik gambar untuk memperbesar).
Nusa Cendana Harum (NCH)
Karoseri Nusa Cendana Harum ini merupakan salah satu perusahaan karoseri
yang ditunjuk menjadi rujukan oleh Toyota. Kijang nusa merupakan
karoseri standar Kijang super sebelum Toyota memperkenalkan Toyota
Original Body atau yang lebih populer dengan full pressed body. Bentuk
body karoseri ini standar dengan pintu geser pada bagian samping tengah
dan belakangnya. Terdapat juga varian 2 pintu (3 pintu dengan pintu
belakang dihitung). Varian ini keluar tidak begitu banyak. Entah kenapa
produksi nya tidak diteruskan padahal hanya beda di pintu saja dengan
versi 4 pintu.
Superior Coach (SC)
Kijang karoseri Superior merupakan tipe tengah tengah antara Super
dengan Grand. Kijang ini dikenal juga dengan Kijang Super G. Kijang G
ini fiturnya lumayan lengkap seperti ada tachometer, ac double blower
bawaan, switch ac model geser yg menyatu dengan dashboard, power window,
central lock, power steering ,antena body, over fender, kaca tiptop
dibagian samping belakang, grill abu-abu metalik, konsole box menyatu
dengan tuas gigi dan doortrim kanan konsole seperti saku. Karoseri
Superior Coach ini juga menjadi rujukan karoseri Toyota.
Nasmoco Body Tech
Karoseri nasmoco body tech merupakan salah satu rujukan karoseri yang ditunjuk oleh Toyota Astra Motor. Kijang Nasmoco ini dibagi menjadi 2 varian. Varian pertama adalah Kijang Ranger yang ciri khasnya memiliki pintu berjumlah 3 seperti mobil jip (depan 2 belakang 1). Varian kedua adalah Kijang Commando yang memiliki pintu 4 buah (depan 2, tengah bagian kiri dan belakang). Jendela belakang semuanya masih memakai sistem geser.Hobart
Kijang Hobart ini juga dibagi menjadi 2 varian. Varian pertama memakai
sasis pendek dengan bentuk yang sporty. Bagian tengahnya memakai jendela
geser dengan pintu yang hanya ada disebelah kiri. Pada jendela baris
ke3, terdapat variasi semacam aerofin yang posisinya miring membagi
jendela belakang. Yang benar benar unik dari Kijang Hobart sasis pendek
ini adalah peletakan tutup tangki bensin yang tersembunyi dibalik plat
belakang mobil. Pintu belakangnya juga berbeda jauh dengan Kijang
original body. Walaupun sama sama memakai pintu 3/4, namun posisinya
pada kijang Hobart ini dibalik dengan jendela kecil ada disebelah kanan.
Varian kedua adalah Kijang Hobart dengan sasis panjang. Yang istimewa
dari Kijang Hobart ini adalah penggunaan 5 pintu (2 didepan, 2 ditengah,
dan 1 belakang). Pada pilar D terdapat semacam ukiran aerofin dengan
logo Hobart yang berbentuk bulat dibawahnya. Pintu Belakang Kijang
Hobart ini juga unik karena ukurannya hanya 3/4 namun posisinya berada
ditengah.
Roda Nada Karya
Tidak mau kalah, Karoseri yang bermarkas di Tangrang ini juga membuat
karoseri untuk Toyota Kijang Super. Kijang Rover merupakan varian Kijang
KF40 karoseri yang bentuknya sporty. Sepintas bentuk bodynya tidak ada
yang berbeda dengan Kijang original body, namun jika diperhatikan lebih
lanjut body belakangnya lebih tegak dan lebih mengotak. Karenanya Kijang
Rover memiliki tampilan yang sporty. Kijang Rover memiliki 5 pintu (2
depan, 2 tengah dan belakang 1) dengan kaca belakang mirip dengan versi
Astra (original body). Pada awalnya, kaca jendela tengah memakai model
geser dan kaca samping belakangnya memakai model Tiptop. Namun setelah
beberapa saat kemudian modelnya diubah dengan model naik turun dengan
tuas yang diputar (engkol) dan jendela belakang masih model Tiptop.
Selain itu, Kijang Rover juga dilengkapi dengan aksesoris berupa over
fender dan side body mould yang memberi kesan sporty pada Kijang Rover
ini. Fasilitas yang ada lebih lengkap dari Kijang Super astra seperti AC
Double Blower, PS, PW, Dsb. Kijang KF50 dari karoseri Roda ini diberi
nama Toyota Kijang Jantan Raider. Kijang jantan Raider ciri khususnya
ada pada bentuk yang sporty dan panggunaan ban serep dibelakang pada
tipe Executive. Bisa dibilang varian ini merupakan varian top of the
line karena fiturnya yang jauh lebih komplit dibanding Kijang dengan
original body.
Kalau mau tau lebih lanjut tentang Kijang Rover
Kencana
Kijang Kencana memiliki keistimewaan berupa pintu yang sudah 5 buah (2
depan, 2 ditengah dan dibelakang). Yang unik, pintu tengah Kijang
Kencana sudah memakai model naik turun seperti sedan. Mekanisme yang
canggih untuk Kijang super karena karoseri asli pabrikannya saja tidak
menerapkan itu. Konsekuensinya karena bentuk overfender Kijang super,
pintu tengah Kijang Kencana ukurannya kecil. Kira kira selebar pintu
masuk angkot saja. Karena pintunya kecil, pada Kijang Kencana sasis
panjang jendela samping belakangnya akan terlihat sangat panjang. Untuk
meningkatkan ruang headroom, Kijang Kencana telah menggunakan atap
dengan model yang lebih tinggi dibanding Kijang lainnya.
Montana
Kijang Montana memiliki ciri khas berupa bentuk grill depan yang unik. Masih memakai lampu kotak kecil seperti Kijang Super awal hanya saja tidak memakai grill depan lonjong seperti Kijang lainnya. Grill Kijang Montana memakai model trapesium sama kaki dengan bentuk jaring. Bumper depan juga berbeda karena sudah memakai model one piece dengan tambahan dibawahnya yang mirip seperti spoiler. Bagian belakangnya terdapat semacam guratan air fin didekat lubang tangki bensin. Kijang Montana memiliki pintu 5 buah (depan 2, tengah 2 belakang 1) dengan jendela tengah model naik turun dan samping belakang Tiptop.
Memasuki tahun 1992, Toyota Kijang mulai berbenah. Mulai tahun 1992,
Toyota memperkenalkan Toyota Original Body atau yang lebih populer
dengan full pressed body untuk versi minibus. Maksud dari full pressed
body disini adalah pembuatan body dari plat besi yang dipress lalu dilas
tanpa menggunakan dempul sama sekali. Plat besi dipress dengan mesin
press besar dengan kapasitas sampai 1500ton sehingga membentuk bebrapa
bagian seperti atap depan, atap belakang, kap mesin, bumper, fender
depan, pintu belakang dsb. Bagian bagian body tersebut kemudian dilas
menjadi satu kesatuan dengan teknik las titik. Berbeda dengan Toyota
Kijang sebelumnya yang masih mengandalkanpembuatan body biasa. Pembuatan
body biasa merupakan pengelasan dari berbagai komponen yang jauh lebih
banyak dibandingkan Full Pressed Body (30 vs 8) serta dihaluskan
menggunakan dempul. Banyaknya dempul yang dipakai bervariasi bisa antara
2 sampai 5 kg saja tergantung kerapian pembuat body. Kelebihan body
yang dipress adalah lebih tahan karat karena juga dilapisi dengan anti
karat pada saat pengelasan.
Kijang mulai tahun 1992 juga mengalami facelift selain penggunaan
original body. Paling ketara adalah penggunaan lampu kotak yang lebih
besar, grill palang horisontal, dan lampu sein yang lebih lebar dan
warnanya berubah menjadi putih. Bemper juga berbeda karena berubah
menjadi lebih lebar dengan pelindung karet. pada bagian dashboard
bentuknya telah berubah menjadi mirip sedan dengan warna abu abu gelap.
Pada bagian instrumen terdapat tambahan berupa tachometer. Untuk versi
pickup bentuk dashboard masih sama dengan versi lama hanya saja warnanya
berubah menjadi abu abu. Pada tahun 1994 akhir keluar varian Kijang
Grand Extra yang menggunakan mesin 7K 1800cc. Terdapat perbedaan pada
exterior berupa Grill depan dengan chrome yang bentuknya vertikal
seperti jip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar