Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416
Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick sebenarnya dibuat untuk
menggantikan Suzuki Jimny yang aslinya dijual dengan regulasi kei car
yang tidak sesuai dengan selera pasar Amerika Serikat yang lebih
menyukai mobil berukuran besar. Di berbagai negara, mobil ini dijual
dengan hanya menggunakan satu nama, bisa Escudo (Jepang), Vitara (Eropa,
Amerika Latin, Australia) atau Sidekick (Amerika Serikat). Namun di
Indonesia, mobil ini dijual dengan 3 nama sekaligus yang membuat
Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjual mobil ini
dengan semua nama lain mobil ini walau yang dijual resmi ATPM hanya
versi 5 pintu long wheel base saja.
Sesuai dengan konsep SUV tradisional, mobil ini
tersedia versi 4X4 yang dijual dengan nama Vitara. Suzuki Vitara masuk
ke Indonesia pada tahun 1992. Karena pajak mobil dengan penggerak 4X4 di
Indonesia mahal, jadilah Suzuki memasukkan Suzuki Escudo untuk menemani
Suzuki Vitara pada tahun 1994. Mobil ini sebenarnya termasuk salah satu
mobil favorit di jamannya, namun mungkin karena harga Suzuki Escudo
yang walaupun hanya 4X2 masih tetap dirasa mahal dan Suzuki Vitara saat
itu sudah kurang begitu laku karena sistem perpajakan Indonesia yang
kurang ramah terhadap sistem gerak 4X4, Suzuki Indomobil akhirnya
mengeluarkan varian spec down dari Suzuki Escudo dengan nama Suzuki
Sidekick pada tahun 1996.
Mesin mobil ini sama semua, yaitu memakai mesin Suzuki G16A SOHC 8
valve. Mesin ini terpasang pada Suzuki Vitara dan Escudo antara tahun
1992 sampai 1995 di Indonesia. Khusus untuk Suzuki Vitara EPI, walaupun
mesinnya G16A namun sudah menganut teknologi SOHC 16 valve. Pada tahun
1996 mesin Suzuki G16A diganti dengan mesin Suzuki G16B yang merupakan
pengembangan dari G16A. Mesin G16B ini sudah menggunakan teknologi SOHC
16 valve. Untuk suplay bahan bakar, semuanya masih mengandalkan
karburator kecuali untuk Suzuki Vitara EPI yang memakai injeksi. Untuk
transmisinya digunakan transmisi manual 5 speed.
Perbedaan mendasar dari Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick sebenarnya
hanya ada pada fiturnya saja. Suzuki Vitara adalah varian yang paling
lengkap dengan build quality yang paling mantab. Selain sistem gerak
4X4, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan power steering, power
window, electric mirror, pengatur AC yang lengkap dengan heater, wiper
belakang, defoger, body stripe sampai side mould. Model pertama Suzuki
Vitara diberi nama Vitara hadir antara 1992 sampai 1994 akhir dan masih
dipisah lagi dengan tipe JX dan JLX. Beda tipe JX dengan JLX adalah pada
tipe JX hanya ada power steering dan central lock sementara versi JLX
adalah versi lengkapnya. Tahun 1994 akhir sampai 1995 muncul Suzuki
Vitara EPI (Electronic Petrol Injection) yang hanya beda pada sistem
pengabutan bahan bakar yang kini menggunakan injeksi menggantikan
karburator.
Pada Suzuki Escudo yang dikenalkan pada 1994 sampai 1995 tidak ada
perbedaan dengan Suzuki Vitara. Hanya saja Suzuki Escudo tidak
dilengkapi dengan sistem gerak 4X4 dan memiliki intrument cluster yang
berbeda dengan Suzuki Vitara. Pada pertengahan 1995, Suzuki Escudo
mengalami facelift dengan perbedaan ada pada dashboard dan bentuk stir.
Untuk tampilan eksteriornya sama persis dengan sebelum facelift kecuali
grill depan yang berubah menjadi 6 kotak. Tahun 1995 akhir muncul Suzuki
Escudo Nomade yang merupakan facelift sebenarnya dari Suzuki Escudo.
Versi Nomade ini lebih sporty dengan penambahan side mould dan spoiler
di sekeliling bodi. Selain itu pada warna aslinya juga sudah disediakan
warna two tone. Pada bagian interior ada perbedaan dashboard yang kini
lebih membulat dan terdapat perbedaan di instrument cluster. Suzuki
Escudo Nomade ini hadir sampai tahun 1997 saja.
Karena merupakan varian spec down, Suzuki Sidekick memiliki fitur yang
jauh lebih sedikit dibandingkan Suzuki Vitara dan Escudo. Tahun 1996
Suzuki Sidekick keluar dengan tampilan yang sepintas sama persis dengan
Suzuki Escudo. Hanya saja Suzuki Sidekick ini tidak dilengkapi dengan
power window, electric mirror, radio tape, center console, heater, wiper
belakang, defoger, side mould dan body stripe. Lainnya pada bumper
tidak dicat (warna hitam), door trim rata, velg kaleng dan konon
materialnya sedikit dibawah Suzuki Escudo dan Vitara. Pada 1997 muncul
Suzuki Sidekick Drag One yang lebih sporty dibandingkan dengan Suzuki
Sidekick biasa. Namun tetap saja karena Suzuki Sidekick didesain untuk
menjadi versi termurah dari Suzuki Escudo,
side mould di sekeliling body tipis dan dibiarkan berwarna hitan tanpa
cat. Pada bagian interior ada perbedaan dibagian kiri dashboard yang
sedikit melengkung, sarung jok dan kini sudah memakai power window.
Suzuki Sidekick ini hadir sampai tahun 2001 sebelum digantikan oleh
Suzuki Escudo 1.6 baru.
Kelebihan mobil ini adalah sistem gerak 4X4 pada Suzuki Vitara yang
lumayan tangguh. Secara umum, mobil ini termasuk mobil yang bandel dan
minim perawatan. Kalaupun butuh perawatan lebih, perawatannya juga mudah
karena sparepartnya lumayan banyak dan murah. Tarikannya lumayan dan
mobil ini terasa lincah di jalan. Untuk modelnya walaupun mengotak dan
masih memakai ban cadangan yang ditempel di pintu belakang namun malah
membuat mobil ini terlihat gagah.
Kelemahan mobil ini adalah konsumsi bensinnya yang lumayan boros.
Biasanya berkisar antara 1:8 sampai 1:9 saja tergantung kondisi
lalulintas, pengemudi sampai ukuran ban yang semakin besar semakin
boros. Borosnya konsumsi bensin mobil ini mungkin dikarenakan mesin yang
digunakan hanya 1600cc bensin serta masih karburator. Tidak hanya
konsumsi bensinnya saja yang boros, oli mobil ini sering dikeluhkan
mudah menguap. Kaki-kakinya khas mobil jip yang keras dan kurang nyaman
walaupun minim masalah dan tangguh. Selain itu, AC mobil ini dikeluhkan
kurang dingin. Untuk mengatasinya banyak yang mengganti kompresornya
dengan kompressor Daihatsu Taruna.
Spesifikasi Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416 ini adalah sebagai berikut:
Spesifikasi Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416 | |
---|---|
Jenis | Jip |
Tipe | SB416 |
Mesin | G16A SOHC 1600cc G16B SOHC 1600cc |
Bore X Stroke | 75.0 X 90.0 mm |
Sistem Bahan Bakar | Karburator Injeksi (Vitara EPI) |
Transmisi | Manual 5 Speed |
Wheelbase | 2.479 mm |
Panjang | 4.031 mm |
Lebar | 1.636 mm |
Tinggi | 1.669 mm |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar