Mitsubishi Colt T120ss adalah varian pick up cab over Mitsubishi. Mobil
ini merupakan hasil kerjasama Mitsubishi dengan Suzuki sehingga mobil
ini saling berbagi platform dengan Suzuki Carry Futura yang didesain
oleh Indomobil Suzuki. Mitsubishi Colt T120ss ini melanjutkan nama
legendaris Mitsubishi Colt T120 yang beredar hingga tahun 1981 sementara
penerus generasi T120 sendiri dijual berdampingan dengan nama Colt
L300. Diperkenalkan pada tahun 1991, Mitsubishi Colt T120ss masih
diproduksi hingga sekarang.
Mitsubishi Colt T120ss memang menggambil platform
dari Suzuki Futura. Perbedaan mendasar antara keduanya terlihat jelas di
lampu depan, grill, lampu sein, lampu belakang, dashboard, spion dan
mesin. Kelebihan Mitsubishi Colt T120ss dibanding Suzuki Futura adalah
T120ss ini tenaga dan torsinya yang jauh lebih besar. Karenanya mobil
ini umum digunakan untuk keperluan angkut mengangkut di daerah dengan
konsidisi jalanan menanjak seperti di pegunungan misalnya. Karena
tenaganya yang besar untuk kelas pick up dan dipadukan dengan bobotnya
yang ringan, tak jarang kita menemukan mobil ini berlaga di ajang balap
atau slalom. Salah satu peslalom yang menggunakan mobil ini untuk slalom
adalah Dr. Hery Agung dari Semarang. Kekurangannya dibanding carry
adalah plat body yang dirasa tipis dan suspensi yang kurang empuk karena
mobil ini murni didesain untuk mobil barang.
Mitsubishi Colt T120ss awalnya menggunakan mesin Mitubishi Orion 4G17
SOHC 12 valve 1343cc yang dikembangkan secara khusus untuk Mitsubishi
Colt T120ss. Mesin ini dapat menghasilkan output tenaga sebesar 78Hp
pada 6000rpm dan torsi 107Nm pada 3500rpm. Mesin ini masih mengandalkan
penggunaan karburator untuk menyuplai bahan bakarnya. Sekitar tahun 2004
bersamaan dengan versi faceliftnya mesin ini diganti dengan mesin
Mitsubishi Orion 4G15 SOHC 16 valve 1468cc. Mesin yang menggunakan
injeksi Multi Point Injection untuk mensuplay bahan bakar ini
menghasilkan tenaga hingga 86Hp pada 5750rpm dan torsi 120Nm pada
3750rpm. Mesin 1468cc ini sama dengan yang digunakan Mitsubishi Lancer
trim GLX pada tahun 1990an.
Pada tahun 2004, Mitsubishi mengeluarkan versi facelift mobil ini. Tidak
banyak yang berubah karena dibagian eksteriornya hanya terlihat grill
depan saja yang berubah dengan grill belah segitiga besar khas
Mitsubishi jaman itu. Dibagian interiornya tidak banyak bahkan nyaris
tidak ada perubahan dibanding versi sebelumnya. Bagian paling berubah
ada pada mesinnya yang upgrade dari 1300cc menjadi 1500cc. Perbedaan
lainnya ada pada pilihan bak standar, flat deck dan bak 3 way wide.
Berbeda dengan Suzuki Carry yang memiliki bentuk minibus yang dibuat langsung oleh ATPMnya dan populer. Mitsubishi Colt T120ss ini tidak memiliki bentuk minibus yang dibuat sendiri oleh ATPM dan populer. Karoseri asli mobil ini bernama Lautan Berlian dimana terdapat 2 varian yaitu Pasola dan Lotus. Dilihat dari fitur bodinya, tipe Pasola ini lebih normal dibanding Lotus yang diberi moncong sehingga tampak aneh. Bagian moncong model Lotus ini bisa digunakan sebagai bagasi karena bisa dibuka dan ditutup. Fitur tipe Lotus ini juga lebih lengkap dengan adanya pintu 5 buah (Pasola hanya 4) dan jendela pintu tengah model naik turun bukannya geser.
Walaupun karoseri minibus dengan bodi originalnya kurang menarik,
untungnya ATPM Mitsubishi Indonesia juga menyediakan Colt T120ss chasis
dimana mobil hanya berupa sasis dengan ruang kabin depan dan tembok
belakang dihilangkan agar nantinya bisa dibuat menjadi minibus atau
kendaraan khusus seperti angkot. Karenanya ada lumayan banyak perusahaan
karoseri lokal (pembuat body mobil) yang berperan membuat body minibus
untuk Mitsubishi Colt T120ss ini. Beberapa model minibus yang populer
untuk Mitsubishi Colt T120ss adalah karoseri buatan New Armada dan Adi
Putro yang terkenal memiliki bentuk yang lebih baik dan kualitasnya
baik.
Kelebihan Mitsubishi Colt T120ss adalah tenaganya yang lebih dibanding
rivalnya. Selain itu Handling mobil ini juga lumayan baik walau rasanya
ban belakang kurang menapak kala tidak ada muatan di baknya. Untungnya
kelebihan tadi bisa didapat dengan harga yang cukup terjangkau karena
harga jualnya tidak semahal kembarannya, carry. Dengan uang mulai dari
25juta rupiah, mobil Colt T120ss minibus sudah lumayan layak dibeli
walaupun kadang untuk versi mobil pick up harganya bisa jauh lebih dari
itu.
Kelemahan mobil ini adalah jika timing belt putus maka siap siap keluar
dana yang lumayan banyak untuk turun mesin. Masalahnya ketika timing
belt putus, seluruh komponen mesin bisa hancur bertabrakan satu sama
lain. Istilahnya mesin 4G17 adalah inference engine. Belum lagi karena
spare part Mitsubishi yang mahal walaupun awet menambah beban perbaikan
untuk memperbaikinnya. Untungnya masalah ini hanya terjadi pada
Mitsubishi Colt T120ss keluaran awal. Sejak tahun 1996, apabila tiba
tiba timing belt putus maka bisa langsung diganti tanpa khawatir
komponen mesinnya hancur bertabrakan. Bagi pemilik Colt T120ss keluaran
lama sebenarnya tidak perlu khawatir timing belt putus. Asalkan rajin
merawat dan mengganti timing belt setiap 60.000km atau 40.000 jika
selalu bertemu macet atau sering membawa muatan berlebih pastinya tidak
akan kejadian timing belt putus tiba tiba. Toh lagipula kejadian timing
belt tiba tiba putus dijalan juga langka. Selain itu plat body mobil ini
lebih tipis dan lebih mudah terkena karat dibanding kembarannya.
Konsumsi BBM mobil ini juga lumayan boros dibanding rivalnya seperti
Carry. Namun hal ini dapat dimaklumi karena tenaga yang dihasilkan
besar.
Spesifikasi Mitsubishi Colt T120ss ini adalah sebagai berikut:
Spesifikasi Mitsubishi Colt T120ss | |
---|---|
Jenis | Pick Up |
Tipe | T120ss |
Mesin | 4G17 SOHC 12v 1343cc 4G15 SOHC 16v 1468cc |
Bore X Stroke | 72.2 X 82.0 mm (4G17) 75.5 X 82.0 mm (4G15) |
Sistem Bahan Bakar | Karburator Multi Point Injection |
Transmisi | Manual 5 Speed |
Wheelbase | 1.970 mm |
Panjang | 3.780 mm |
Lebar | 1.560 mm |
Tinggi | 1.825 mm |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar