Total Tayangan Halaman

Selasa, 26 Juli 2016

Cara Membersihkan Kotoran Menempel Pada Cat Mobil

Memiliki mobil yang bersih dan selalu terlihat mengkilap menjadi suatu kebanggaan sendiri bagi pemilik kendaraan. Jadi jangan heran kalau ada orang yang selalu melihat detail bagian kendaraan dan terganggu dengan kotoran yang membandel dan sulit dihilangkan. Biasanya, kotoran yang muncul dalam perjalanaan seperti sisa aspal, lumpur atau juga serangga yang menempel. Kotoran tersebut tentu cukup meresahkan dan mengganggu penampilan.
Sebenarnya, kotoran-kotoran tersebut tidak terlalu sulit untuk dihilangkah. Yang terpenting adalah kita mau bersabar melakukan tahapan-tahapan untuk membersihkannya secara perlahan. Jika dilakukan terburu-buru, khawatirnya proses yang kita lakukan justru membuat kotoran tersebut justru lebih sulit dihilangkan. Atau lebih parah lagi, kita justru merusak cat mobil kita sendiri.
Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kotoran membandel yang menempel pada permukaan cat mobil anda.
Cuci Mobil Dengan Sabun Khusus Mobil
Hal pertama yang perlu dilakukan tentu dengan mencuci mobil anda hingga bersih menggunakan sabun khusus mobil. Jika sudah selesai dan masih ada kotoran membandel, gunakan kain lap yang lembut dan beri sedikit sabun mobil (yang belum dcampur air) dan gunakan untuk mengelap kotoran tersebut dengan gerakan memutar. Kemudian bersihkan dengan lap lembut yang bersih.
Gunakan Wax pembersih
Jika proses di atas tidak berhasil dan noda masih membandel, anda dapat mencoba menggunakan wax pembersih untuk mengusir noda tersebut. Biasanya, noda ini adalah noda aspal jalan atau juga tar. Proses yang dilakukan juga tidak boleh terburu-buru dan lakukan secara bertahap. Anda akan dapat melihat noda secara perlahan mulai pudar dan menghilang dari permukaan cat.
Bug & Tar Remover
Jika kotoran yang menempel pada kaca dan panel mobil anda adalah serangga (atau kotorannya) dan tar, amda dapat memanfaatkan cairan pembersih serangga untuk cat mobil yang banyak dijual di toko peralatan otomotif. Cara menggunakannya sama dengan alat untuk perawatan cat mobil lainnya. Tuangkan sedikit cairan pembersih pada kain lap, lalu poleskan pada bagian cat mobil yang terkenda noda serangga. Lakukan pemolesan dengan gerakan memutar secara perlahan. Ulangi jika hasil dirasa kurang maksimal.
Ampelas
Metode ini mungkin metode yang cukup bersiko untuk dilakukan. Apalagi jika anda belum berpengalaman untuk menggunakan ampelas secara langsung ke body mobil. Namun cara ini cukup ampuh untuk noda mengusir membandel dengan jumlah yang cukup tebal seperti getah pohon atau aspal jalan. Caranya adalah dengan menyiapkan ampelas halus dan lakukan hanya pada bagian noda tersebut. Sebisa mungkin jangan sampai amplas mengenai cat mobil anda secara langsung. Jika noda terlihat sudah menipis, anda dapat menghentikan proses ini dan mencoba menggunakan sabun mobil atau wax pembersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar