Total Tayangan Halaman

Selasa, 12 Juli 2016

Inilah 5 Cara Cerdas Memilih Mobil Bekas Idaman

Ingin memiliki mobil yang tidak merogoh kocek terlalu dalam bisa dengan cara meminang mobil bekas (mobkas). Namun, jangan sampai dengan harga yang menggiurkan, Anda melupakan pekerjaan rumah tersembunyi yang akan menggerogoti di waktu yang akan datang. Memang, setiap mobkas diwarisi dengan kekurangan-kekurangan, berbeda halnya dengan mobil gress yang baru keluar dari dealer. Wajar, karena harganya juga lebih tinggi.
  • Pertama adalah surat-surat, termasuk didalamnya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Perlu perhatian lebih di sub data nomor rangka, nomor mesin dan nomor polisi. Bila kurang awas, Anda bisa mengalami kerugian karena memungkinkan jika kepemilikan mobil tersebut bermasalah. Pengecekannya mudah, tinggal sama kan saja nomor yang menempel di bodi dan mesin dengan STNK dan BPKB.
  • Kedua, lebih cenderung ke kondisi fisik mobil. Pastikan bila bodi mobil dalam kondisi baik. Apakah ada lecet atau penyok? Selain itu, cari tahu apakah kendaraan tersebut pernah terlibat dengan kecelakaan berat? Dan tak kalah penting memeriksa kemungkinan potensi karat di bagian bawah dan juga di area terkecil bodi. Pasalnya, tampilan menjadi penting dan paling mudah terlihat. Sehingga jangan sampai, mengeluarkan dana lebih besar untuk urusan reparasi dan mengusir karat.
  • Ketiga, silahkan masuk ke bagian interior, terutama di kursi pengemudi. Alihkan pandangan ke odometer yang berada di area speedometer. Mengapa odometer? Karena pencatatan jarak tempuh yang dicapai oleh mobil terlihat disana. Peranti tersebut dirancang tidak bisa direset, tetapi beberapa oknum terkadang mengakalinya. Kilometer pendek belum tentu baik, apalagi usia tua. Bisa saja odometer sudah diputar ulang. Sebagai langkah pencegahan, dapat dengan merasakan jok pengemudi. Jika sudah ambles dan jaraknya pendek maka mobil tersebut sudah sering jalan namun odometernya sudah diakali.
  • Keempat ialah catatan perawatan. Informasi ini dapat dilihat dari buku perawatan. Aspek yang perlu menjadi perhitungan yakni kedisplinan pemilik sebelumnya untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Masalahnya, sebagus apapun mobil, tapi jika tidak dirawat maka dapat menjelma menjadi 'penyakit' di masa depan. Selain itu, bila mobil masih berusia 'belia' di bawah 3 Tahun, syarat dan ketentuan berlakunya Garansi, dengan melakukan service rutin di pusat perawatan resmi.
  • Kelima dan cukup krusial yakni banderol harganya. Ingin membeli mobil dengan harga sewajarnya untuk kondisi yang normal merupakan idaman setiap pembeli mobkas. Bagaimana caranya? Lakukan survey baik melalui bursa jual beli di Internet atau melihat iklan mobkas di media cetak. Dengan begitu, Anda tidak merasa dibohongi dan mendapatkan mobil yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar