Total Tayangan Halaman

Selasa, 12 Juli 2016

Sudah Paham Pentingnya Sabuk Pengaman?

Sabuk pengaman sendiri sebenarnya adalah sebuah alat yang dibuat untuk melindungi seorang penumpang dan pengendara mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan atau kecelakaan.
Pada tahun 1959 teknisi Volvo yakni Nils Bohlin menemukan sabuk pengaman tiga titik.
Saat itu, Bohlin menyadari bahwa lap belt dua titik hanya membantu penumpang tidak terlontar keluar lewat kaca depan, tapi gagal mencegah cidera serius tulang punggung atau membentur interior mobil.
Dia lalu berpikir bagaimana menempatkan satu titik lagi untuk menjaga agar punggung tetap melekat di sandaran, tidak hanya mengamankan pinggul di dudukan kursi. Dia kemudian menempatkan satu titik baru di pilar B seperti yang kita kenal sekarang.
Hentakan dan tenaga dorongan yang sangat luar biasa bisa terjadi karena tabrakan kendaraan atau pengereman darurat secara mendadak (spontan) bisa menyebabkan pengendara dan penumpang terbentur benda-benda di dalam kendaraan, seperti setir kemudi, roda kemudi,kaca depan atau sandaran punggung itu sendiri.
Nils Bohlin, penemu Sabuk Keselamatan Sabuk pengaman dapat membantu menahan pengendara tetap di kursinya. Selain itu juga, fungsi penyangga dari sabuk pengaman bisa mengurangi tingkat cedera pada pengendara atau pun penumpang itu sendiri.
Sabuk pengaman sangat banyak manfaatnya dan kegunaannya seperti, saat terjadi kecelakaan dapat mengurangi risiko benturan serta sabuk pengaman itu menjaga anda dan bukan untuk membatasi.
Kegunaan dan manfaat sabuk pengaman adalah:
1. Mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan.
2. Mencegah pengemudi membentur kaca depan pada saat terjadi kecelakaan.
3. Mencegah pengemudi untuk terbentur ke setir/ roda kemudi.
4. Mencegah dan mengurangi risiko terlempar dan mencegah membentur dasbor mobil
Saat memakai sabuk pengaman, pastikan semua tali sabuk pengaman tidak melilit dan posisinya rata tubuh serta tidak longgar atau terlalu kencang. Selanjutnya tekan piringan lidah sabuk pengaman ke dalam pengait sampai benar-benar terkunci dengan baik.
Sebagian besar perangkat ini akan segera mengeluarkan bunyi (klik) bila piringan telah benar-benar terkait dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar